Candil Maca Dina Digital Library

Share:

CANDIL merupakan salah satu program untuk mewujudkan masyarakat pembelajar yang terfokus pada pemberdayaan perpustakaan. Tujuan program yaitu membangun budaya baca masyarakat melalui pemberdayaan perpustakaan, mendekatkan bahan perpustakaan kepada masyarakat melalui Android.

Program yang launching pada tanggal 15 Desember 2018 di Kota Bogor tersebut bersumber pada anggaran APBD : Rp. 30.000.000  (Tahun Anggaran 2018) dan APBD : Rp. 175.000.000  (Tahun Anggaran 2019).

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat telah melaksanakan pelayanan perpustakaan melalui Mobil Unit Perpustakaan Keliling kepada masyarakat di tempat - tempat umum, sekolah, taman bacaan, tempat persinggahan anak, serta panti jompo.

Dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, internet merupakan tantangan dan sekaligus sebuah peluang bagi perkembangan pemberdayaan perpustakaan karena membaca bukan hanya dapat dilakukan dengan buku tercetak saja, namun bisa melalui buku digital, untuk itu diperlukan bahan bacaan digital yang dapat diakses melalui smartphone.

Ultimate Goals:

  • Peningkatan Indeks Membaca (DISPUSIPDA)
  • Peningkatan Indeks Membaca Masyarakat (sumber: BPS)
  • IPM (sub indeks pendidikan)
  • SDGs No. 4 Quality Education

Indikator pembuatan aplikasi menargetkan agar aplikasi lebih mudah diakses dengan tampilan lebih segar. Selain itu, jumlah koleksi ditagetkan hingga 10.000/20.000 eks untuk 5 tahun kedepan.