One Pesantren One Product (OPOP), Pesantren Juara, Umat Sejahtera

Share:

OPOP merupakan salah satu dari 17 program untuk mewujudkan Pesantren Juara yang terfokus pada pemberdayaan ekonomi di lingkungan pesantren. Tujuan Program Membangun kemandirian pesantren melalui pemberdayaan ekonomi dengan cara membantu pesantren dalam memilih komoditi yang laku di pasar, memberi pelatihan, magang dan pendampingan yang dibutuhkan, dalam aspek produksi, pemasaran, dan keuangan. Anggaran berasal dari APBD Provinsi Jawa Barat: Rp 99.251.000.000,-

Sebagian besar pesantren di Jawa Barat belum mampu mandiri secara ekonomi untuk membiayai kebutuhan operasional maupun pengembangan sarana dan prasarana pesantren. Diharapkan program ini mampu membangun kemandirian pesantren melalui pemberdayaan ekonomi dengan cara membantu pesantren dalam memilih komoditi yang laku di pasar, memberi pelatihan dan pendampingan yang dibutuhkan, dalam aspek produksi, pemasaran, dan keuangan.

Data per tanggal 15 Juli 2019 Target Pendaftar OPOP: 4000 Pesantren, yang sudah mendaftar: 1397 Pesantren. Jumlah Pendaftar Pendamping OPOP: 330 Orang, Yang sudah terseleksi sebanyak: 130 Pendamping.