Patriot Desa 2019

Share:

Patriot Desa adalah pemuda Jawa Barat yang lulus pendidikan dan pelatihan untuk menjadi pendamping desa dalam melakukan pemberdayaan melalui asistensi, pengorganisasian, pengarahan, dan fasilitasi. Alokasi anggaran tahun 2019 sebesar Rp. 15.103.574.800, Progres Patriot Desa sampai tanggal 25 Agustus 2019.

Saat ini masih berlangsung proses seleksi dari 3001 orang pendaftar yang memenuhi persyaratan administratif sebanyak 942 orang dan kandidat yang lolos untuk masuk proses wawancara sebanyak 250 kandidat, dan saat ini masih berlangsung proses seleksi untuk 250 orang yang akan diseleksi menjadi 100 orang calon peserta yang nantinya akan di latih selama 45 hari dengan dibekali empat kompetensi ( Komptensi Kejuangan, Kompetensi Keteknikan, Kompetensi Pembangunan berbasis masyarakat dan Kompetensi Keikhlasan).

Nantinya Patriot Desa yang sudah dilatih akan mendapatkan penugasan Untuk 1 (satu) yaitu TA 2020. Patriot Desa Jawa Barat bertujuan meningkatkan kapasitas kelembagaan masyarakat, kehidupan sosial budaya, pengembangan partisipasi, dan keswadayaan masyarakat.

  • Menempatkan 2 orang pendamping berlatar belakang pendidikan pengembangan produk dan sosial di satu desa selama SATU TAHUN untuk kegiatan partisipatif di desa yang belum memiliki BUMDesa yang aktif.
  • Mengidentifikasi potensi lokal yang sesuai passion masyarakat dalam rangka pengembangan kegiatan  ekonomi berbasis potensi desa berwawasan lingkungan melalui inisiasi dan revitalisasi BUMDesa
  • Peningkatan kapasitas masyarakat dan penyadaran masyarakat akan potensi  desa:
    • Mempersiapkan internal activator
    • Meningkatkan partisipasi masyarakat dan gender

Penugasan Patriot Desa Jawa Barat 2019 10 Kabupaten, 10 Desa belum ada BUMDesa:

  1. Kab. Subang
  2. Kab. Sumedang
  3. Kab. Cianjur
  4. Kab. Garut
  5. Kab. Pangandaran
  6. Kab. Kuningan
  7. Kab. Sukabumi *)pembentukan
  8. Kab. Cirebon *)pembentukan
  9. Kab. Bogor *)pembentukan
  10. Kab. Majalengka

Pendampingan Patriot Desa:

  1. Analisa Spasial, Sosial & Sektoral
  2. Perencanaan Pengembangan Potensi
  3. Musyawarah Desa
  4. Edukasi Ke Masyarakat
  5. Pembentukan   Kelompok Usaha
  6. Inisiasi Bumdes